Matematika Ekonomi

1. Pendahuluan meliputi pengertian dan ruang lingkup, sifat dan hakekat teori ekonomi (variabel, hipotesis, asumsi, dan peramalan), model-model ekonomi (fungsi umum-kualitatif, angka-tabel-grafis, fungsi khusus-aljabar/matematis)

Sebagai bahan pengkajian terhadap model ekonomi, fokus fungsi kualitatif dalam pembahasan ini adalah data-data yang dikumpulkan oleh Badan Pusat Statistik sebagai berikut: Jumlah Perusahaan Sapi Perah, Jumlah Perusahaan Ternak Besar dan Kecil, Luas Panen, Produksi dan Produktivitas Bawang Merah Luas Panen, Produksi dan Produktivitas Cabai, Persentase Pengeluaran Rata-rata per Kapita Sebulan Menurut Kelompok Barang, Produksi Bahan Bakar Minyak (BBM), Produksi Perkebunan Besar menurut Jenis Tanaman, Rata-rata Konsumsi Kalori (KKal) per Kapita Sehari Rata-rata Konsumsi Protein (gram) per Kapita Menurut Kelompok Makanan Tabel Luas Panen- Produktivitas- Produksi Tanaman Kedelai

2. Sistem Bilangan, Himpunan, Relasi, dan Fungsi

3. Keseimbangan Statis meliputi keseimbangan pasar parsial-linear, generalisasi fungsi permintaan dan penawaran model linear, keseimbangan pasar parsial-fungsi non linear, keseimbangan pasar umum, keseimbangan pendapatan nasional, generalisasi perhitungan pendapatan nasional (tanpa perdagangan internasional)

Sebagai bahan dalam kegiatan perkuliahan, mahasiswa diarahkan untuk mencari berbagai sumber data dan melakukan analisis terhadap data tersebut. Keterkaitan antara sumber data yang dimaksudkan dengan analisis yang selanjutnya akan dilakukan adalah untuk membuat suatu grafik yang menghubungkan antara kuantitas dan harga pada kondisi pasar permintaan dan pasar penawaran. Sebagai ilustrasi, perhatikan gambar berikut!

  Kurva Permintaan Pasar AluminiumKurva Penawaran Pasar Aluminium harga keseimbangan aluminiumKetiga gambar ini menunjukkan seperti apa hubungan antara kuantitas dan harga yang terjadi di pasar, baik permintaan maupun penawaran. Kemudian ketika grafik pasar permintaan dan grafik pasar penawaran dihubungkan, maka yang menarik dari gambar selanjutnya adalah adanya titik dimana grafik permintaan dan penawaran saling berpotongan. Kalau dalam istilah ekonomi, yang demikian itu disebut titik keseimbangan/ekuilibrium.

4. Analisis Statis Komparatif meliputi pengaruh pajak terhadap keseimbangan pasar, pengaruh subsidi terhadap keseimbangan pasar parsial, pengaruh pajak terhadap keseimbangan pendapatan nasional.

5. Konsep Derivatif dan Penerapannya dalam Ekonomi meliputi Konsep Derivatif, Analisis Marginal, Elastisitas, dan Analisis Statis Komparatif.

6. Maksimisasi dan Minimisasi (Satu Variabel Bebas) meliputi syarat-syarat maksimisasi dan minimisasi, hubungan antara kurva MC dengan kurva AVC dan Kurva AC, Optimisasi Penggunaan Faktor Produksi – Tenaga Kerja, Maksimisasi Profit, Maksimisasi Pendapatan Pajak.

7. Fungsi Eksponensial dan Logaritma meliputi Fungsi Eksponensial, Fungsi Logaritma, dan Penerapan dalam Ekonomi.

8. Matriks dan Penerapannya dalam Ekonomi meliputi Operasi Matriks, Penerapan Matriks dalam Ekonomi.

9. Optimisasi (Lanjutan) meliputi Parsial Derivatif, Total Diferensial dan Total Derivatif, Penerapan dalam Ekonomi.

10. Optimisasi dengan Kendala meliputi Metode Lagrange, Optimisasi Produsen, dan Optimisasi Konsumen.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s