Mereka Tahu Karena Mereka Punya


Kegunaan bilangan, khususnya number sense juga terlihat ketika anda bertanya kepada anak kecil berumur 2 tahun dan anak berumur 7 tahun, “adik, 1 + 1, berapa?” (pertanyaan untuk anak 2 tahun). Respon yang terjadi, “……………..” artinya, mereka tidak punya dalam memorinya untuk informasi semacam itu. Tetapi kalau anak umur 7 tahun diajukan pertanyaan seperti itu, ia akan menjawab “2 (bahkan dengan suara keras), kenapa demikian? karena mereka punya stok jawaban untuk pertanyaan seperti itu.
Secara fundamental, kasus yang dialami oleh anak kecil berumur 2 tahun adalah tidak mengerti apa itu 1, apalagi 1 + 1. Dibandingkan dengan anak yang berumur 7 tahun, dia telah memiliki banyak pengalaman masalah yang berkaitan dengan bilangan termasuk bilangan puluhan dan operasi yang dapat digunakan dalam bilangan tersebut. Dengan kata lain, sense of number antara anak berumur 7 tahun dan anak 2 tahun telah berbeda level sehingga karena itu pengalaman belajar bilangan mereka juga berbeda.
Kesemuanya itu dipengaruhi oleh number sense yang terpadu dengan mental komputasi, sebagaimana pernyataan para pakar yang menekankan bahwa penelitian internasional telah memfokuskan tentang anak yang memformulasi strategi mental komputasi sendiri ketika mereka didukung untuk melakukan hal tersebut, mereka belajar bagaimana bilangan bekerja, memperoleh pengalaman yang banyak berkaitan dengan bilangan, mengembangkan number sense, dan mengembangkan rasa percaya diri terhadap kemampuan memahami operasi bilangan (e.g., Blöte, Klein, & Beishuizen, 2000; Buzeika, 1999; Hedrén, 1999; Kamii & Dominick, 1998). Sekarang menjadi tugas kita, melatih anak dengan menumbuhkembangkan strategi mental komputasi mereka sehingga number sense mereka juga berkembang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s