Merangsang interaksi sosial


Menurut Vygotsky dalam Zack & Graves (2001), siswa pertama kali mengkonstruksi pengetahuan melalui interaksi mereka dengan orang dan konteks aktivitas. Karena itu, guru harus memfasilitasi siswa untuk berinteraksi satu sama lain. Guru dapat merancang aktivitas yang membuat siswa dapat bekerja bersama untuk menyelesaikan masalah yang diberikan baik dalam kelompok maupun memberikan pertanyaan untuk diskusi kelas (Wijaya, 2008). Saat diskusi kelas, guru model yang diamati sering mengajukan pertanyaan atau pernyataan berikut untuk merangsang interaksi sosial siswa.
• Setuju nggak ini?
Adanya siswa yang tidak terlibat secara aktif merupakan hal yang wajar dalam pembelajaran. Karena itu, pertanyaan seperti ini dapat merangsang siswa untuk memperhatikan ide dan argumen lainnya.
• Menurut kamu ada lagi cara yang lain?, Mungkin ada yang lain jawabannya?
Pertanyaan seperti ini dapat berguna sebagai cara membuka kesempatan bagi siswa untuk mengemukakan idenya secara individu dan merangsang interaksi sosial dikalangan siswa.
• Siapa yang mau tanya nih?, ada yang mau nanya nggak?, siapa yang mau nanya?,
Menghubungkan perbedaan ide yang terdapat dikalangan siswa perlu diperjelas dengan merangsang siswa lain mengajukan argumen. Pertanyaan seperti ini membuka kesempatan bagi siswa lain menguji sejauhmana kebenaran jawaban yang diajukan oleh siswa yang presentasi di kelas, sekaligus memberikan kesempatan siswa lain yang jawabannya berbeda untuk membandingkan dengan hasil kerjanya.
• Sekarang boleh diletakkan bilangan!, sekarang tulis!
Pernyataan seperti ini bertujuan untuk mendorong siswa mengkomunikasikan ide mereka secara verbal.

Referensi

    Zack, V. & Graves, B. 2001. Making mathematical meaning through dialogues: “Once you think of it the Z minus three seems pretty weird”. Educational studies in mathematics 46: 229.271.

Wijaya, Ariyadi, 2008. Design Research in Matematics Education: Indonesian Traditional Games as Means to Support Second Graders’ Learning of Linear Measurement. Thesis Utrecht University. The Netherland: Utrecht University.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s