10 Alasan untuk Mengajar Kurikulum Terintegrasi


Saat ini guru perlu memperhatikan situasi dan kondisi pembelajaran yang dapat membantu mereka untuk dapat bekerja secara efektif dan efisien. Mungkin, sudah saatnya untuk menerapkan kurikulum terintegrasi. Berikut 10 alasan untuk menggunakan kurikulum seperti itu, diantaranya:

  1. Alokasi waktu pembelajaran yang tidak sejalan dengan materi pembelajaran yang begitu banyak. Tentunya, hal ini membuat guru harus berpikir ekstra untuk menyiapkan waktu seefektif mungkin agar materi yang ditargetkan sesuai jadwal yang ditentukan.
  2. Materi pelajaran yang terpisah membuat siswa tidak dapat mengembangkan keterampilannya dengan baik, bahkan sebagian menganggap ada mata pelajaran yang menurut mereka tidak berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
  3. Otak dapat bekerja dengan baik jika berkaitan.
  4. Perkembangan ilmu pengetahuan dan kehidupan tidak berlangsung secara terpisah. Hidup ini bukanlah karena matematika, sains, membaca, menulis, kajian sosial, atau cuti saja. Sebaliknya, kesemuanya merupakan perpaduan yang membangun dunia.
  5. Keterampilan pemecahan masalah dapat meningkat ketika semua pengetahuan kita dan berpikir tingkat tinggi dari seluruh bidang dalam kurikulum disentuh.
  6. Pustaka yang jelas dalam buku-buku yang ada menyediakan bantuan pendalaman yang autentik ke dalam seluruh subjek pembelajaran. Pustaka yang baik memberikan model untuk pemecahan masalah, hubungan sejawat, pengembangan karakter, dan bangunan keterampilan sehingga siswa terpikat dengan kesenangan petualangan bersama karakter realistik mereka yang terlibat bersama masalah seperti yang mereka miliki atau masalah (seperti perang) dimana mereka akan belajar kebenaran sejarah.
  7. Sekolah memperolehnya terbalik! Dalam dunia nyata anda diuji dengan suatu masalah dan selanjutnya harus merebut jawabannya, tetapi dalam sekolah tradisional anda diberikan jawaban dan diminta untuk meluapkannya.
  8. Interaksi kelompok dan bangunan tim yang melekat ke dalam suatu integrasi kurikulum bergantung pada penggunaan berbagai kekuatan dan keterampilan untuk menciptakan jembatan pemahaman.
  9. Skor tes standar anda akan mencapai puncaknya! Dengan menginspirasi siswa untuk berpikir, mencintai pembelajaran, dan menempatkan pembelajaran mereka untuk bekerja dengan cara autentik, anak-anak anda akan dilengkapi dengan apapun liku-liku dimana mereka mungkin terlempar berdasar tes standar dan dalam hidup!
  10. Siswa menyukai suatu integrasi kurikulum dan menikmati tantangannya.

Dikutip dari “Ten Reasons to Teach an Integrated Curriculum“, semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s