Problem Pendidikan Matematika

Problem pendidikan matematika merupakan salah satu matakuliah yang wajib diprogramkan oleh mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Makassar. Pentingnya mengambil matakuliah bagi mahasiswa di Jurusan Matematika, khususnya prodi pendidikan matematika, adalah pengembangan pengetahuan tentang berbagai masalah yang dapat mereka temukan baik di lapangan terkait dengan pendidikan matematika, maupun dalam berbagai fakta dan informasi yang tersaji dalam media cetak atau elektronik (seperti internet).

Blog ini akan mengulas target yang diharapkan dapat dicapai dengan berbagai aktivitas bersama tugas yang diberikan selama kegiatan perkuliahan. secara umum, target perkuliahan ini adalah agar mahasiswa yang memprogramkannya dapat mengetahui jenis masalah dalam pendidikan matematika. Secara khusus, mahasiswa yang diarahkan dan dilibatkan dalam berbagai kegiatan aktif nantinya dapat memenuhi tujuan pembelajaran sebagai berikut:

1. Mahasiswa dapat mengkaji isu yang berkembang saat ini, misalnya pengembangan kurikulum 2013.

2. Mahasiswa dapat mengidentifikasi berbagai topik penelitian yang diambil dan dikembangkan dalam kegiatan penelitian di Jurusan Matematika.

3. Mahasiswa dapat membedakan dan menyajikannya ke dalam bentuk matriks tentang model, pendekatan, metode, dan strategi dimana topik yang disinggung adalah pengertian, perbedaan, contoh penggunaan, dan hasil penelitian yang telah menggunakannya.

4. Mahasiswa dapat mengkaji pengajaran tematik-integrasi untuk siswa kelas I sampai dengan kelas VI di sekolah dasar.

5. Mahasiswa dapat melakukan ujicoba soal dan membuat laporan dari hasil ujicoba, serta mempresentasikannya di depan peserta lain.

6. Mahasiswa dapat menyusun suatu modul berbasis konteks pada tingkat SMP, SMA dengan mencantumkan komponen diantaranya:

Bab I. Pendahuluan

A. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

  1. Standar Kompetensi
  2. Kompetensi Dasar
  3. Deskripsi Pembelajaran

Kegiatan Belajar 1-8

  1. Prasyarat

D. Petunjuk Penggunaan Modul

  1. Penjelasan untuk Siswa
  2. Penjelasan untuk Guru
  3. Tujuan Akhir Belajar

Bab II. Rencana Belajar dan Peta Konsep

 A. Rencana Belajar Siswa

  1. Peta Konsep Barisan dan Deret
  2. Glosarium

Bab III. Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Belajar 1. ……………………………………..

Kegiatan Belajar 2. ……………………………………..

Kegiatan Belajar 3. ……………………………………..

Kegiatan Belajar 4. ……………………………………..

Kegiatan Belajar 5. ……………………………………..

Kegiatan Belajar 6. ……………………………………..

Kegiatan Belajar 7. ……………………………………..

Kegiatan Belajar 8. ……………………………………..

Bab IV. Penutup

  1. Rangkuman …………………………………………………………..
  2.  Evaluasi ………………………………………………………………

DAFTAR PUSTAKA ………………………………………………………

Petunjuk: Komponen di atas dapat dikembangkan lebih lanjut sesuai kebutuhan.

7. Mahasiswa dapat mempromosikan hasil karya mereka dalam kegiatan demonstrasi, kegiatan ini akan dilakukan pada akhir kegiatan perkuliahan, setiap kelompok akan mempresentasikan modul pembelajaran matematika yang dibuat di kelas.

Semoga bermanfaat dan sukses (Nas)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s